Ridha Muldina

Pemandian air panas buleleng Bali

Pulau Bali memiliki berbagai jenis objek wisata yang beraneka ragam. Jika ingin mencari tempat wisata yang agak berbeda, kita bisa datang ke utara pulau BALi. Ini dia tempatnya, pemandian air panas banjar Buleleng yang terletak di dekat pantai Lovina. Sama seperti namanya, obyek wisata yang satu ini memang terletak di Kecamatan Banjar yaitu sekitar lima kilometer dari sebelah barat Lovina. Bagi masyarakat lokal dan para turis dari berbagai negara,  sudah sangat mengenal obyek wisata yang seringkali disebut dengan nama Hot Spring ini.

Air Panas Banjar
gambar 1. pancuran 3 tingkat

Untuk mencapai ke Lokasi, kita harus berjalan kaki dari tempat penjualan tiket. Saat anda berjalan kaki menuju lokasi, anda juga akan bisa melihat berbagai toko souvernir yang menjual makanan, dan baju khas Bali. Suasana di lokasi ini juga sangat rimbun dan tergolong sejuk. Dari informasi yang ada, konon sumber air panas ini memang sudah ada sejak ratusan tahun lalu, dan saat masa pendudukan Jepang maka mulailah lokasi ini ditata serta dibenahi. Untuk lokasi kolam dan sumber airnya juga tidak terlalu berjauhan. Adanya pohon beringin yang berada disekitar lokasi pemandian disertai pagar pengaman akan dapat menjaga keselamatan para pengunjung yang menikmati suasana sambil berendam di lokasi ini.

Sekilas obyek ini memang terlihat dikelola dengan sangat sederhana dan tidak seperti obyek wisata lainnya di Bali, tetapi  jika kita datang kesana kesana terlihat banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Air Panas banjar Buleleng. Disana kita bisa melihat kolam pemandian yang bertingkat-tingkat.Untuk kolam pemandiannya sendiri dibagi menjadi 3 bagian yang memiliki ketinggian yang tidak sama. Rasanya seperti mandi jaman dulu gitu, dibawah air mancur yang keluar dengan deras. Dari semua pengunjung biasanya memiliki  kolam yang paling favorit yaitu kolam ketiga yang memiliki 3 pancuran air yang mengalir dari ketinggian sekitar 3,5 meter. Ketika dicoba rasanya seperti dipijat seperti halnya refleksi air. Ketinggian rata-rata air di kolam pemandian ini mencapai 1 meter. Buat yang habis mandi pasti kelaparan dang a usah takut, disekitar sana banyak orang berjualan makanan dengan harga ga mahal kok.

kolam-ketiga-permandian-air-hangat-banjar-bali

gambar 2. Suasana Pemandian

banjar-hot-spring-02

gambar 3. langsung nyebur deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *