Ridha Muldina

Rumpun IEEE 802

Protokol wireless local area network (WLAN) IEEE 802.11 merupakan bagian dari rumpun 802 yang yang menstandarkan  local area network (LAN) dan metropolitan area network (MAN). Rumpun 802 ini memiliki lapis Logical Link Control (LLC) yang sama, dimana distandarkan pada 802.2. Di atas lapis LLC terdapat lapis network yang biasanya merupakan protokol internet protocol (IP) bersama dengan protokol – protokol routing nya, seperti AODV atau DSR untuk system mobile ad hoc network (MANET). Ilustrasi dari penjelasan tersebut dapat dilihat pada gambar 2.1.

osi

Gambar 2.1 – Model lapis ISO/OSI

 

Dibawah LLC, lapis media access control (MAC) dan lapis fisik (PHY) yang sesuai dikemas bersama didalam subgroup standar yang sama. Sebagai contoh berbagai subgroup standar yang sudah ada seperti Ethernet dan Wireless LAN yang dispesifikasikan pada 802.11 seperti yang diilustrasikan pada gambar 2.2.

            llc

Gambar 2.2 – Berbagai LLC, MAC dan PHY dari 802

 

  • IEEE 802.11

Standar IEEE 802.11 berisikan spesifikasi – spesifikasi untuk lapis fisik dan lapis medium access control. Sudah terdapat berbagai pengembangan atau ekstensi terhadap standar 802.11 ini. Pengembangan ini bertujuan untuk memperbaiki lapis MAC dan lapis PHY. Ekstensi terhadap MAC pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kualitas pelayanan (QOS). Sedangkan ekstensi terhadap PHY umumnya untuk memperbaiki cara kerja lapis fisik. Secara garis besar, gambaran struktur standar IEEE 802.11 dapat dilihat pada gambar 2.3.

mac1

mac2

Gambar 2.3 – Lapis MAC dan Lapis PHY dari 802.11

IEEE 802.11 dikembangkan oleh IEEE untuk komunikasi wireless LAN (WLAN) yang difokuskan pada dua lapis terbawah pada model OSI, yaitu lapis fisik (PHY) dan lapis datalink (DLL). IEEE 802.11 dikembangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan komunikasi wireless.

Referensi dari :

  • M. Irfan Denatama, Analisis Konsumsi Energi Dan Kinerja Protokol Routing DSDV Dan OLSR Pada Standar IEEE 802.11ah, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom, 2016. 
  • Baumann, R. (2004). Vehicular Ad Hoc Networks (VANET):(engineering and Simulation of Mobile Ad Hoc Routing Protocols for VANET on Highways and in Cities) (Doctoral dissertation, ETH, Swiss Federal Institute of Technology Zurich [Department of Computer Science, Computer Systems Institute])

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *