Ridha Muldina

Raih Juara ke-3 dalam Bidang Business Plan

Juara 3 bussines plan

 

Bandung, FTE Tel-U. Pengalaman pertama yang membanggakan bagi tiga orang mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi dalam mencoba mengikuti kompetisi tingkat nasional. Keberanian diri untuk mengikuti kompetensi ini berawal dari keisengan mereka yang ingin mengharumkan Universitas Telkom yang tercinta sebelum mereka meninggalkan kampusnya. Tak hanya itu mereka pun ingin mencari pengalaman dengan merambah ke dunia bisnis. Dengan waktu yang singkat maka terbentuklah Tim Tigo Eksmud yang terdiri dari Hernawan Kurniansyah, Abdul Qodir Muhtadi, Andri Iskandar.

Selain pengalaman pertama mereka dalam mengikuti kompetisi, ini pun merupakan kompetisi yang jarang diikuti oleh mahasiswa teknik. Karena National Business Plan Competition WEBS Entreneur Festival Day 2014 merupakan lomba perencanaan bisnis yang dapat melatih mahasiswa untuk membuat rencana bisnis yang kreatif, inovatif dan memiliki prospek positif untuk dijalankan. Kompetisi final tersebut di selenggarakan oleh Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya pada 15-17 Oktober 2014.

Dengan judul karya “3D Manx The Art of 3D Memories” Tim Tigo Eksmud berhasil menjadi Juara 3 dalam kategori Produk Kreatif. Karya tersebut merupakan sebuah inovasi ide bisnis yang memanfaatkan teknologi 3Dimensi printing dan 3Dimensi Scanning. Produk dalam 3 Dimensi lebih unik, berkesan, tahan lama serta ekonomis. Sangat cocok untuk souvenir pernikahan, hadiah spesial maupun dekorasi ruangan.

Ide tersebut muncul dari hasil silaturahmi mereka ke Bandung Techno Park (BTP) dan berdiskusi dengan Jangkung Raharjo, Ir., MT yang akhirnya menjadi Pembina Tim Tigo Eksmud. “Kami diberikan pengarahan dan sangat disupport oleh BTP” ungkap Hernawan. Kursus kilat mengenai bisnis langsung mereka dapatkan dari Iwan Iwut, ST., MT.

Keunggulan yang mereka miliki pada saat presentasi di depan juri adalah dengan cara menganggap bahwa mereka sedang berhadapan dengan calon investor. Menggunakan strategi bahwa mereka dapat menganalisa bisnis lebih makro, menggunakan percentage of ownership, dan return of investment sehingga dapat meyakinkan para juri bahwa business plan ini akan berhasil. Serta dengan fokus studi bahwa mereka sebagai mahasiswa teknik elektro dan telekomunikasi akan memberikan keunggulan dalam mengoperasikan, merawat maupun mengembangkan alat 3D Manx The Art of 3D Memories.

Kemenangan ini bukan akhir dari prestasi yang akan mereka raih, melainkan sebagai batu loncatan untuk dapat meraih prestasi ke depan yang lebih hingga dapat Juara 1. Tak lupa mereka mengucapkan banyak terimakasih kepada Bandung Techno Park yang telah banyak membantu dan membingbing serta teman-teman yang telah memotivasi mereka. (Purel FTE/RKI).

see.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *