Ridha Muldina

Monumen Perjuangan Rakyat bali

Tidak ada salahnya jalan jalan ke Bali sambil belajar sejarah perjuangan rakyat BALI. Hitung-hitung study tour lah hehehe.. Untuk itu kita bisa datang ke monumen perjuangan rakyat Bali yang ada di Denpasar, tepatnya di sebelah timur lapangan olahraga renon. Monumen ini dikenal juga dengan sebutan Bajra Sandhi karena bentuknya yang menyerupai bajra yaitu genta dan sandhi yang berarti suci. Monumen ini merupakan salah satu unit pelaksana teknis Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, dengan visi: melestarikan niali-nilai kepahlawanan, keperintisan kejuangan dalam mendukung pelestarian dan pengembangan budaya.

Perintis ide pendirian Monumen Perijuangan Rakyat Bali adalah Bapak Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. mantan Gubernur Bali pada tahun 1980. Pembangunan Monumen perjuangan Rakyat Bali mulai dilaksanakan pada Tahun 1987 dan diresmikan pada hari Sabtu Umanis, 14 Juni 2003 oleh Presiden Republik Indonesia (Ibu Megawati Sukarno Putri). Tujuan di bangunnya monumen adalah untuk mengenang jasa para pahlawan, dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari penjajah.

monumen 1

Di dalam Monumen Bajra Sandhi terdapat koleksi 33 diorama yang menggambarkan perjalanan sejarah perjuangan masyarakat Bali dari zaman pra sejarah hingga pada zaman perjuangan kemerdekaan. Di sekitar areal monument ini kita juga bias melihat bangunan dengan gaya arsitektur yang sangat khas BALI, jadi tidak ada salahnya mengambil gambar dengan latar belakang pahatan tembok khas BALI.

monumen 2monumen 3monumen 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *